Kemajuan teknologi yang terus berkembang dengan pesat dari hari ke hari membuat gaya hidup masyarakat berubah, hampir semua lini kehidupan yang ada pasti ditunjang dengan teknologi bahkan dalam hal pendidikan sekalipun.

Meski belum populer dan banyak dimanfaatkan masyarakat umum, kuliah online menjadi salah satu jenis kuliah yang layak dicoba terutama bagi mereka yang tengah berstatus sebagai karyawan yang tidak memiliki banyak waktu luang. Sebelum memilih jenis kuliah yang satu ini, berikut ada beberapa tips yang dapat membantu:

Latar Belakang Pendidikan

Latar belakang pendidikan sangat perlu dipertimbangkan tatkala ingin memilih kuliah berbasis online, dengan begitu pemahaman mengenai materi kuliah yang akan didapatkan akan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan harus memilih jurusan baru pada jenis kuliah yang satu ini.

Jika Anda telah mendapatkan pendidikan kuliah S1 Akuntansi, tentunya akan lebih baik jika mengambil pendidikan di jurusan yang sama pada kuliah sistem online ini. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memilih jurusan atau program kuliah lainnya, jika ingin memilih jurusan atau program kuliah lainnya juga sah-sah saja dilakukan.

Pertimbangan yang kuat mengenai jurusan atau program kuliah yang akan diambil harus benar-benar matang, sehingga kegiatan kuliah berbasis online ini bisa membuahkan hasil yang memuaskan terutama dalam masalah peningkatan karir.

Fahami Pribadi Serta Keahlian

Memahami diri sendiri mengenai apa yang diinginkan serta mengetahui kemampuan atau keahlian apa yang dimiliki menjadi salah satu tips dalam memilih kuliah dengan sistem online, dengan begitu Anda bisa menyimpulkan mau mengambil program mana yang kiranya sesuai minat dan juga keahlian yang dimiliki.

Jika niat awal mengambil kuliah sistem online ini yakni ingin meningkatkan karir, tentunya jurusan yang dipilih harus sesuai atau ada keterkaitan dengan karir yang sedang dijalani. Namun jika niat awal kuliah hanya untuk meningkatkan kemampuan minat, tentunya jurusan atau program yang dipilih disesuaikan dengan minat pribadi.

Tujuan Pendidikan

Dalam melakukan berbagai kegiatan, tentunya pasti ada tujuan yang ingin dicapai. Begitu pula halnya dengan kegiatan kuliah online ini, pasti ada tujuan yang ingin dicapai ketika mendaftarkan diri untuk mengikuti kuliah jenis ini.

Ada banyak tujuan yang bisa diterapkan, entah itu untuk menunjang karir, mendapatkan gelar pendidikan yang lebih tinggi, meningkatkan keahlian, atau hanya sekedar mengasah kemampuan atau minat semata. Misalnya jika bertujuan untuk mendapatkan gelar S1 jurusan Akuntansi, tentunya memilih jurusan Akuntansi akan lebih tepat dilakukan. Dengan adanya tujuan ini, tentunya kegiatan kuliah ini akan dilakukan dengan lebih bersemangat.

Tentukan Target Universitas yang Dipilih

Meski berbasis online, namun ternyata sudah ada banyak universitas di berbagai wilayah Indonesia yang menyediakan jenis kuliah berbasis online ini. Pastikan universitas yang dipilih merupakan universitas yang telah mendapatkan akreditasi baik dari pemerintah, memiliki program atau jurusan yang sesuai dengan tujuan kuliah, memiliki program unggulan, dan juga mendapatkan testimoni yang baik dari alumninya.

Ada beberapa universitas terbaik yang menawarkan berbagai program atau jurusan tertentu untuk jenis kuliah sistem online ini, mulai dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan lainnya. Jika ingin berkuliah online di universitas dengan biaya terjangkau, bisa juga memilih universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB), universitas Sahid (USAHID), dan universitas lainnya.

Perhatikan Biaya dan Persyaratan yang Diperlukan

Biaya kuliah termasuk jika ingin kuliah S1 Akuntansi menjadi hal yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih jurusan di kuliah dengan sistem online, biasanya besar biaya kuliah akan disesuaikan dengan jurusan yang dipilih dan juga universitas yang diincar.

Jika menginginkan biaya kuliah yang lebih murah, tentunya universitas yang dipilih juga harus disesuaikan. Lakukan perbandingan biaya kuliah di berbagai universitas yang ada untuk mendapatkan kisaran biaya yang lebih terjangkau, namun dengan kualitas yang tidak kalah baik. Sebagai contoh untuk jurusan Ilmu Hukum strata 1 di Universitas Al-Azhar Indonesia memakan biaya Rp43 jutaan untuk total biaya hingga lulus, biaya mungkin saja berubah sesuai dengan ketentuan dari pihak universitas.

Siapkan Keperluan Pembelajaran

Sebelum mulai mendaftarkan diri di sistem kuliah secara online, sebaiknya ketahui terlebih dahulu berbagai seluk beluk atau beragam hal yang harus dipersiapkan mulai dari persyaratan kuliah (sesuaikan dengan jenjang yang dipilih Strata 1, Strata 2, atau Strata 3), persiapan perlengkapan dan juga fasilitas belajar, metode pembelajaran, silabus kuliah, sampai pada informasi pengajar yang akan mengajar di sistem kuliah basis online ini.Selain berbagai tips persiapan di atas, dalam sistem kuliah online juga diperlukan persiapan mental yang matang agar saat kegiatan kuliah berlangsung tidak setengah-setengah dalam menjalaninya. Niat yang kuat dalam menjalankan kuliah dengan sistem online sekaligus bekerja (bagi yang sudah bekerja) memang memerlukan kematangan yang jauh lebih besar, pasalnya rasa lelah yang dirasakan sehabis bekerja akan membuat semangat mengendor saat melaksanakan kegiatan kuliah.