Lagi enak-enak tidur di malam hari, tiba-tiba tidak disangka batuk, tapi kok rasanya sesak napas waktu batuk. Simak saja ulasan berikut ini dijamin bermanfaat .

Apa yang Harus Dilakukan Mengatasi Batuk yang Di Sertai Sesak Napas

Dilansir dari Cara Membuat Wajah Cerah, Jika hal ini terjadi pada anak-anak kita di tengah tidurnya, jangan panik. Batuk yang disertai sesak napas pada bayi atau anak sering disebut dengan istilah “batuk menderik”. Suara batuk terdengar seperti berkokok atau bersiul.

Pada serangan yang parah, bayi atau anak akan bernapas menggunakan otot di sekitar hidung dan leher karena mereka berjuang dalam upaya untuk bernapas. Bila hal ini terjadi, terkadang kulit bayi atau anak akan tampak berwarna kebiru-biruan.

Ketika hal ini terjadi, hal yang mudah dan sangat membantu dilakukan untuk mengantisipasinya adalah bangunkan anak atau bayi, ajaklah mereka untuk duduk. Lalu ciptakan suasana ruangan yang beruap, bisa dengan merebus air di ketel dan tuangkan di baskom kecil.

Minta anak untuk menghirup uap tersebut. Jika kita memiliki kamar mandi dengan air panas, nyalakan air panasrya dan minta anak untuk duduk diam di dekat uap yang terbentuk dari kucuran air panas kamar mandi.

Ingat, jangan terlalu dekat dengan kucuran air panas tersebut. Cukup dengan menghirup uap yang ditimbulkan oleh proses pemanasan tersebut. Posisi duduk dapat membantu bayi atau anak untuk bernapas lebih mudah.

Yakinkan bayi atau anak, karena mereka mungkin akan ketakutan. Menepuk-nepuk punggung bayi atau anakjuga dapat dilakukan saat menghirup uap.

Bernapas dalam uap dapat meringankan batuk pada bayi dan anak serta membantu bernapas agar lebih mudah.