Jepang, selain terkenal dengan tempatnya yang indah juga terkenal dengan makananya yang menggugah selera. Kalau kamu berkesempatan berkunjung ke Jepang, jangan lupa mampir untuk nyobain makanan-makanan khas disana yang gabisa kamu temukan di Indonesia karena rasanya pasti beda. Yuk, simak makanan yang wajib kamu cobain waktu ke Jepang.

Sushi

Sushi masih menjadi makanan pertama yang wajib kamu cobain kalau berkunjung ke Jepang sana! Karena cita rasa yang kamu temukan akan sangat berbeda dengan sushi yang ada di Indonesia. sushi adalah masakan yang menggabungkan nasi cuka dan makanan laut mentah seperti ikan salmon, telur ikan terbang dan juga bahan lain seperti sayuran, telur, udang dan nori.

Cita rasa yang tercipta adalah segar dan manis ketika pertama kali memakanya. Kamu bisa menambahkan kecap asin sebagai pencelup dan juga wasabi jika ingin pedas. Jika kamu mencari restoran sushi di Jepang, kamu bisa mencari kedai Kaiten-Zushi atau kedai sushi berjalan. Harganya cukup terjangkau kok, kamu bisa menikmati 1 pring sushi dengan harga 100 Yen atau sekitar Rp. 13.000,-

Tempura

Tempura adalah gorengan seafood,sayuran, jamur dan bahan lain yang dibalut dengan bumbu dan tepung. Meskipun sederhana, namun tempura ini sangat terkenal karena rasanya yang nikmat. Rasa renyah yang terdapat di kulitnya berpadu dengan rasa lembut di dalamnya. Kalian bisa menemukan tempura di mana saja. Namun untuk mendapatkan rasa terbaik kalian bisa mencobanya di restoran spesialis tempura.

Sukiyaki

Sukiyaki adalah masakan Jepang yang terbuat dari daging, sayuran, jamur, dan kaldu yang direbus dalam sebuah panci besi. Sukiyaki biasanya disantap dengan kuah yang disebut Warishita yang terbuat dari kecap dan gula. Daging di dalam sukiyaki biasanya diiris tipis agar cepat matang dan lebih lembut ketika dimakan. Kamu bisa menemukan sukiyaki ini di restoran ataupun kedai yang khusus menjual sukiyaki sebagai menu andalanya.

Curry rice

Curry rice atau nasi kari adalah hidangan Jepang yang sangat unik. Hidangan ini terbuat dari daging dan sayuran seperti wortel, kentang, bawang, dan lain lain yang kemudian direbus dan dibumbui dengan bubuk kari lalu disajikan dengan semangkuk nasi hangat dan tempura sebagai pelengkap.

Banyak orang yang mengira bahwa curry berasal dari india saja, namun di Jepang cita rasa kari nya berbeda dengan curry yang ada di India. Jadi kamu wajib banget cobain nih sob!

Yakitori

Jika di Indonesia ayam yang dipotong kecil kemudian ditusuk dan dibakar dinamakan Sate ayam, maka di Jepang makanan tersebut dinamakan Yakitori. Eits… bukan berarti rasanya sama ya! Sate ayam dibumbui dengan bumbu kecap. Lain halnya dengan yakitori yang dibumbui khas Jepang lalu dibakar. Kamu bisa menemukan yakitori di bar/resto yang disebut Izakaya, tapi lebih baik anda menikmatinya di restoran khusus yakitori. Baca juga Travelling ke Jepang