Pengertian inkubator bayi biasanya dapat dimengerti dengan memahami konsep suhu yang konstan atau stabil. Bayi yang lahir prematur sudah pasti membutuhkan tempat dengan suhu ruangan yang konstan dalam arti suhu ruangan tersebut stabil.

Jadi inkubator bayi adalah box yang memiliki ukuran tertentu dan dilengkapi dengan alat-alat medis yang berfungsi untuk membuat tubuh bayi selalu dalam kondisi hangat.

Ada beberapa langkah untuk mencapai tujuan menghangatkan tubuh bayi, yaitu  skin to skin contact, pemancar panas, kangaroo mother care dan menggunakaan ruangan dengan suhu hangat yang konstan seperti inkubator.

Pada sebuah inkubator bayi, terdapat 2 boks control yaitu di bagian atas dan bawah. Pada bagian atas, digunakan untuk meletakkan sensor, controller dan beberapa alat elektroknik medis lain. Boks bagian bawah, memiliki 3 bagian utama, yaitu kipas, wadah air dan heater.

Fungsi Inkubator Bayi

Inkubator juga memiliki fungsi yang cukup penting untuk perkembangan kesehatan bayi prematur, diantaranya :

  1. Memberi oksigenasi

Inkubator juga berfungsi sebagai oksigenasi, bayi yang lahir memang memiliki kondisi tubuh yang sangat rentan terhadap segala hal yang ada di dunia luar, termasuk juga tentang pernapasan.

Penyebab terjadinya kasus kematian pada bayi yaitu terjadinya masalah pada pernapasan. Untuk mengurangi hal tersebut, meletakan bayi dalam inkubator bayi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan.

Bagian-bagian inkubator bayi telah didesain dengan sedemikian rupa untuk menjadi sistem pengantar oksigen yang baik. Dengan begitu, inkubator bayi sangat bermanfaat untuk membantu kelangsungan hidup bayi tersebut. Jadi, proses oksigenasi sangat penting untuk bayi prematur.

  1. Melindungi bayi

Bayi yang lahir prematur sudah pasti memiliki daya tahan tubuh yang sangat rentan. Dan untuk melindungi bayi tersebut dibuatlah alat yang bernama inkubator bayi.

Dengan desain yang kotak dan dilengkapi dengan lingkaran yang mudah untuk dikendalikan, bayi diletakkan di dalam box inkubator untuk beristirahat dengan mudah dan nyaman.

Bukan hanya itu, inkubator bayi juga dapat melindungi bayi dari bakteri yang menyebabkan adanya kemungkinan terjadi infeksi, allergen dan iritasi.

  1. Memberikan kontrol terhadap bayi

Inkubator bayi memiliki 2 box, yaitu box bagian atas dan bawah. Sudah menjadi peraturan, inkubator bayi memiliki alat-alat medis monitoring yang berfungsi untuk memudahkan dokter dalam memonitor kerja jantung, otak, organ vital, suhu dan darah.

Bagian-bagian Inkubator Bayi

Untuk memenuhi kebutuhan fungsi dari inkubator, ada beberapa bagian-bagian inkubator yang mendukungnya :

  1. Heater

Sebuah bagian berupa alat yang berfungsi untuk menghasilkan suhu panas. Hampir sama fungsinya dengan alat Infant Warmer.

  1. Blower

Bagian yang berfungsi untuk pendistribusian panas ke seluruh bagian box.

  1. Kontrol

Berfungsi untuk mengatur suhu aliran udara dan kelembapan.

  1. Display

Bagian yang digunakan untuk menampilakan hasil kondisi bayi.

  1. Alarm

Bagian yang menjadi pengingat apabila ada kesalahan atau hal-hal yang tidak diinginkan pada bayi.

  1. Chamber

Tempat box bayi yang digunakan untuk meletakkan bayi.

Mungkin ini saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga sedikit informasi tentang inkubator bayi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Informasi untuk anda yang kebetulan membutuhkan alat inkubator bayi serta alat – alat lain yang berhubungan dengan bayi bisa kunjungi pusatinkubatorbayi.com. Distributor alat kesehatan yang jual inkubator bayi dengan berbagai macam model dan varian harga.