Pada umumnya, ibu hamil masih gugup dan cemas saat berada di fase awal kehamilan. Saat trimester pertama kehamilan, cukup banyak perubahan yang dialami. Keterbatasan melakukan kegiatan adalah salah satunya. Anjuran memperhatikan kesehatan dan membatasi beberapa hal memang baik. Karenanya, hindarilah 5 hal ini di trimester pertama kehamilan.

  1. Melakukan Aktivitas Berat

Hamil bukan berarti sakit. Pernyataan ini selalu dikatakan oleh ibu hamil sebagai pembelaan ketika dianjurkan banyak beristirahat dan mengurangi aktivitas keseharian. Sebenarnya, ibu hamil tidak dilarang untuk melakukan aktivitas normal seperti biasanya. Akan tetapi, banyak orang di sekitar Anda yang peduli dengan kesehatan bayi di dalam kandungan.

Untuk menyikapinya, turutilah anjuran untuk beristirahat. Hargailah bentuk perhatian dari orang terkasih Anda. Berusahalah untuk lebih memperhatikan kesehatan dan jangan terlalu lelah. Lakukan kegiatan yang ringan. Hindari kegiatan yang membahayakan seperti aktivitas berat yang menguras energi. Kesehatan dan keselamatan janin harus menjadi prioritas Anda.

  • Melakukan Program Diet

Perubahan fisik pasti terjadi pada ibu hamil yaitu tubuh tambah berisi. Berat badan yang bertambah juga dinilai mengubah bentuk tubuh menjadi tidak ideal. Saat trimester pertama, janganlah melakukan program diet yang justru akan mengurangi asupan gizi bagi janin. Tetaplah makan sesuai kebutuhan dengan gizi yang lengkap agar ibu dan bayi sehat.

  • Kurang Tidur

Istirahat sangat penting untuk mengembalikan energi dan memperlancar metabolisme tubuh. Proses regenerasi sel juga menjadi optimal jika waktu istirahat terpenuhi. Waktu istirahat harus dioptimalkan agar kesehatan ibu dan janin terjaga dengan baik. Jangan sampai Anda kurang tidur karena akan berpengaruh pada kekuatan fisik dan imunitas tubuh.

Usahakan tidur siang dan tidur malam yang cukup. Jangan sampai tidur terlalu larut malam karena udara malam juga tidak baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Jika imunitas tubuh lemah, maka akan mendatangkan penyakit. Jadi, cukupilah waktu tidur. Sesekali, Anda bisa melakukan posisi seks terbaik untuk merelaksasi tubuh sebelum beristirahat.

  • Mengonsumsi Obat Kimia

Pada saat memasuki trimester pertama, gejala perubahan hormonal pasti menimbulkan gangguan kesehatan. Biasanya, Anda akan mengalami mual dan muntah di awal kehamilan. Pusing dan perut terasa nyeri juga menjadi tanda perubahan hormonal. Untuk mengatasinya, janganlah mengonsumsi obat kimia karena tidak baik untuk kesehatan janin.

Kandungan zat kimia dalam obat terlalu berat untuk janin. Dosisnya terlampu tinggi dan bisa menyebabkan kesehatan janin terganggu. Karenanya, utamakan kesehatan buah hati dengan tidak mengonsumsi obat kimia. Sembuhkan gangguan kesehatan tersebut dengan minuman hangat, makanan hangat, mengonsumsi vitamin, dan penuhi semua kebutuhan nutrisi.

  • Mengonsumsi Buah Nanas

Buah nanas juga wajib dihindari saat kehamilan, terutama pada trimester pertama. Anda tidak diperkenankan mengonsumsi buah nanas dalam bentuk apapun. Mengapa? Alasannya adalah kandungan bromelain yang bisa melemahkan leher rahim. Hal ini sangat membahayakan kondisi rahim yang justru sangat diperlukan selama 9 bulan ke depan.

Itulah berbagai hal yang harus dihindari ketika Anda berada di trimester pertama kehamilan. Tujuannya agar ibu dan bayi tetap sehat sampai ke tahap selanjutnya dan akhirnya bayi terlahir normal dan sehat. Demi menjaga kondisi kandungan Anda, selalu perhatikan kondisi fisik dan mental. Penuhilah anjuran untuk menghindari berbagai hal di atas.