Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami.Makanan, buah atau bahan alami yang akan diulas berikut ini banyak digunakan sebagai media perawatan kulit, pengobatan dan penghilang jerawat dengan Trulum synergy karena dipercaya dan telah terbukti mengandung bahan-bahan aktif dengan ativitas tertentu. Berikut ini akan dirangkum beberapa buah-buahan dan bahan alam yang dapat digunakan sebagai penghilang jerawat.

 Mentimun

Buah mentimun atau ketimun (Cucumis sativus) dilaporkan memiliki sifat diuretic, efek pendingin, soothing effect dan astringent serta bersifat antiradang. Mentimun memiliki kandungan air tinggi, kandungan vitamin A, E, C dan lemak alami serta berbagai mineral yang berguna untuk perawatan kulit. Mentimun dapat melembutkan dan menghidrasi kulit, serta mengembalikan kesegaran dan tekstur kulit dari akibat buruk lingkungan dan radikal bebas. Mentimun juga berkontribusi terhadap peremajaan sel kulit. Baik dengan cara dikonsumsi maupun aplikasi luar tubuh, mentimun terbukti dapat menjaga keindahan dan kesehatan kulit. Sifat antiradang akan membantu penyembuhan jerawat, sedangkan efek pembersihan akan membantu mencegah jerawat. Sehingga sangat pasti mentimun dapat berguna sebagai penghilang jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami
Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Tomat

Buah tomat (Lycopersicon esculentum) merupakan sumber antioksidan, dietary fiber, mineral serta vitamin. Tomat mengandung beragam jenis antioksidan berupa senyawa flavanoid (likopen, xanthin, lutein), vitamin A, dan vitamin C yang memiliki kemampuan untuk melindungi sel dari bahaya radikal bebas. Likopen khususnya telah terbukti dapat mencegah kerusakan kulit dari sinar UV dan memberikan perlindungan dari kanker kulit. Sifat inilah yang dapat memberikan efek pencegahan jerawat karena kulit bebas dari sel kulit mati yang berpotensi menyumbat folikel rambut.  Konsumsi jus tomat, soup tomat, pasta tomat, maupun konsumsi langsung buah merupakan cara mengobati jerawat yang asyik. Pemakaian luar buah tomat (jus, potongan buah, pasta, parutan buah) sendiri atau dikombinasikan dengan bahan lain dapat mengecilkan pori-pori kulit,  mengobati jerawat, mengatasi minyak pada kulit, menghilangkan komedo, mengatasi peradangan kulit serta membuat kulit lebih indah (bercahaya). 

Lemon

Berbeda denganbuah sebelumnya, buah lemon didominasi oleh kandungan vitamin C. Warna kuning dan rasa asam yang segar yang terlintas dalam benak orang, ternyata sesuai dengan manfaat buah tersebut untuk kesegaran dan kesehatan. Lemon mengandung beragam nutrisi (vit B, C, kalsium, fosfor dll) yang secara alami membantu pengelupasan sel kulit, serta menghilangkan kulit kering dan mati. Vitamin C dalam lemon dapat meremajakan serta menghambat penuaan kulit dan juga menjaga agar pori-pori tetap bersih. Karena sifat inilah lemon menjadi dasar untuk beragam bentuk sediaan perawatan dan pembersih kulit dan wajah dalam bentuk lotion atau krim. Penghilangan sel-sel kulit mati merupakan salah satu mekanisme mencegah timbulnya jerawat serta menghilangkan bekas jerawat.  Penggunaan eksternal perasan air jeruk lemon dapat mengobati jerawat, perawatan kulit berminyak, kulit kering dan kulit kasar.

Mawar

Harum wangi bunga mawar sudah sangat dikenal dan disukai masyarakat, sehingga jenis bunga ini banyak digunakan sebagai hiasan dan pengarum ruangan atau dekorasi. Proses destilasi kelopak mawar akan menghasilkan air mawar dan minyak mawar. Minyak bunga mawar telah dimanfaatkan sebagai bahan baku parfum, bahan obat dan juga sebagai aromaterapi karena dipercaya dapat mengurangi rasa cemas. Adapun air mawar mengandung banyak vitamin seperti A, B3, C, D dan E serta kandungan lain seperti flavanoid, tannin dan zinc. Air mawar banyak digunakan sebagai produk perawatan kulit karena dapat memperbaiki tekstur dan kesehatan kulit. Dengan sifat astringent yang lembut, air mawar sering digunakan sebagai toner untuk kulit normal dan kulit kering, serta untuk pengobatan jerawat dan kulit iritasi yaitu dengan memberikan nutrisi dan melembabkan. Selain jerawat berangsur-angsur hilang efek aroma terapi membuat kita menjadi lebih nyaman dan proses pengobatan jerawat akan menjadi lebih efektif jika didukung oleh aura pikiran positif.

Minyak zaitun

Minyak nabati potensialseperti minyak zaitun atau olive oil ternyata kaya akan nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta kulit kita. Selain digunakan sebagai bagian dari diet manusia, minyak dengan komponen asam lemak terbesar asam oleat ini juga banyak digunakan dalam dunia kosmetik antara lain sebagai massage oil, bahan baku sabun dll yaitu berfungsi sebagai nourishing agent. Minyak zaitun dapat berpenetrasi ke dalam kulit, dan menyediakan kelembaban yang diperlukan kulit serta berperan sebagai perisai yang melindungi kulit dan menjaganya tetap halus. Kandungan antioksidan (Vit A dan Vit E) dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan matahari, asap rokok, dan polusi yang merupakan sumber radikal bebas. Sehingga kulit akan terhindar dari jerawat bahkan penggunaan rutin akan mampu membantu menghilangkan bekas jerawat.

Baca juga: Jual Trulum

Pepaya

Pepaya (Carica papaya) mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang bermanfaat bagi kulit manusia, seperti beragam vitamin (A, C, E) yang berperan sebagai antioksidan serta enzim papain yang dapat membantu proses pengelupasan kulit mati dan regenerasi kulit sehingga dapat mempercepat pengobatan jerawat dan agen penghilang jerawat.  Beberapa manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsi pepaya atau manfaat dari penggunaan luar antara lain kulit menjadi lebih cerah, halus serta sehat.  Saat ini beragam produk kosmetik sudah menggunakan papaya sebagai bahan dasar antara lain produk lotion, body butter, sabun mandi bahkan shampoo dan conditioner.

Cendana

Minyak atsiri yang terkandung pada kayu tanaman cendana (Santalum album L) dapat diekstrak/disuling yang akan menghasilkan minyak cendana. Minyak cendana mengandung berbagai senyawa seperti santalol (seskuiterpen alkohol), santalen (seskuiterpen), santen, santenon, santalal, santalon, dan isovalerilaldehida. Untuk perawatan kulit, minyak cendana dapat melembabkan kulit kering/mengelupas, menghilangkan gatal dan peradangan serta menyeimbangkan kulit berminyak karena sifat anti-inflamasi, antiseptic, astringent dan emollient yang dimilikinya. Cendana bersifat tabir surya serta dapat menghilangkan bekas jerawat, bintik dan noda hitam dengan membantu proses regenerasi kulit. Cendana atau minyak cendana telah ditambahkan dalam berbagai produk kosmetik seperti sabun, lotion, krim, gel serta bedak. Aplikasi langsung bubuk cendana sebagai masker juga banyak dilakukan orang untuk mengambil manfaatnya untuk perawatan kesehatan kulit.