Hai kalian para pemburu beasiswa, sudah dapat list beasiswa kamu? Atau kamu masih saja gagal dalam seleksi beasiswa? Tenang berikut saya akan berikan beberapa cara agar kamu bisa dapat beasiswa masuk ke universitas.

  1. Cermati Persyaratan

Ini nih, hal sepele namun sering dilupakan oleh beberapa pemburu beasiswa. Kebanyakan dari mereka malah tidak terlalu cermat dalam memahami persyaratan dalam suatu beasiswa. Ini yang mengakibatkan kamu bisa gugur dalam seleksi, dan juga lengkapilah segala data dan jangan sampai ada yang terlewat

2. Menentukan Universitas dan Jurusan

Tidak semua beasiswa itu tersedia di semua universitas. Terkadang ada beasiswa yang khusus disuatu Universitas, jadi sebelum kamu memutuskan mengikuti beasiswa cermati dulu di mana universitas itu berada. Oh ya dan juga jangan lupa untuk cermat dalam memilah jurusan, alih-alih kamu bisa salah dalam memilih jurusan. Jurusan inilah yang menentukan kemampuan kamu dalam pengembangan diri.

3. Mengetahui Jenis Beasiswa

Wah masa milih beasiswa ngasal aja, jangan sampai kamu salah dalam memilih beasiswa. Karena beasiswa itu ada yang khusus juga, semisal kamu ikut  Program Beasiswa S1 Di Dalam Negeri ,malah salah memilih Beasiswa Luar Negeri. Kan kamu bisa saja tidak memiliki beberapa keahlian yang seharusnya ada dalam seleksi beasiswa itu.

4. Selalu Satu Langkah Lebih Maju

Bukan kamu harus berjalan satu langkah, maksudnya kamu harus berpikir lebih kedepannya. Entah itu seleksi ataupun tenggat waktu pengumpulan berkas. Misalnya kamu mengikuti beasiswa yang akan mengadakan seleksi  pada akhir bulan, sedangkan in sedang awal bulan. Kamu harus berpikir bagaimana caranya agar kamu bisa lolos seleksi pada akhir bulan, entah itu kamu belajar sungguh-sungguh ataupun berlatih. Karena jangan sampai kamu salah dan merugikan satu hari kamu tanpa pemikiran yang lebih maju.

5. Dokumen Penting

Gak selamanya semua dokumen itu harus dikumpulkan di awal seleksi, terkadang ada satu dokumen yang  lupa kamu kumpulkan atau malah belum kamu kumpulkan. Contohnya ringkasan nilai rapot kamu, kan pasti butuh waktu. Jadi kamu harus selalu ingat dokumen yang belum kamu kumpulkan.

6. Berpikir Alternative

Jangan suka harus terjebak dalam satu hal, contohya kamu hanya mengikuti satu program beasiswa. Wah ini yang fatal, kamu harus punya alternative yaitu dengan cara mengikuti program beasiswa yang lainnya. Semisal kamu gagal dalam salah satu seleksi kamu masih mempunyai cadangan untuk kamu ikuti programnya

7. Tetap Fokus

Meskipun tenggat waktu dalam selesi ataupun penerimaan beasiswa masih lama. Kamu harus tetap focus, jangan sampai kamu lalai entah itu akan waktu pendaftaran maupun seleksi. Tetaplah focus dalam keadaan apapun

Semoga 7 Cara tadi bisa membantu kamu mendapatkan beasiswa. Jadi jangan sampai kamu lalai ok. Ingat semua berawal dari mimpi, sekarang adalah waktu kamu untuk membuat mimpi jadi kenyataaan. Terimakasih.

Baca artikel terkait : Beasiswa Ke Luar Negeri Untuk Mahasiswa S1