Makanan Sehat Bergizi Untuk Balita Umur 4 Tahun – Apakah bunda memiliki balita yang sudah berusia 4 tahun? Biasanya pada usia 4 tahun, balita akan sulit makan dan lebih suka jajan. Padahal pada usia tersebut tubuhnya memerlukan nutrisi yang seimbang untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Rata-rata balita berusia 4 tahun trulum membutuhkan zat gizi di antaranya adalah; Energi 1550 Kkal, protein 39 gr, kalsium 500 mg, zat besi 9 mg, lemak tak jenuh serta 1-2 liter air.

Apabila zat gizi tersebut tidak terpenuhi akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembanganya yang menjadi lambat. Jadi, Bunda harus cermat membujuk si kecil agar mereka suka makan. Pintar-pintarlah memilih makanan sehat bergizi untuk balita umur 4 tahun, jangan sampai salah pilih yang akhirnya sama sekali tidak mendukung pertumbuhan si kecil.

Ingin tahu apa saja makanan sehat bergizi untuk balita umur 4 tahun? Berikut daftar makanan sehat bergizi yang dianjurkan para ahli gizi.

1. Telur =>> Mengandung protein hewan yang baik untuk pembentukan otot serta memenuhi energi di pagi hari. Terdapat juga kandungan vitamin D untuk memaksimalkan penyerapan protein. ( baca juga : Makanan Sehat Bergizi untuk Balita 3 Tahun )

2. Sayur =>> brokoli, kol, bayam, daun katuk, asparagus, selada, dll dirkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat dan mineral bagi tubuh si kecil. Manfaat zat gizi dari sayuran di antaranya; melancarkan pencernaan, melancarkan peredaran darah, menyeimbangkan tubuh, mencegah penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

3. Buah =>> Segala macam buah yang ada di sekitar kita memiliki manfaat yang baik untuk pertumbuhan balita dan anak-anak. Sumber berbagai macam vitamin kompleks ada pada buah. Sebut saja strawberry, jeruk, apel, buah naga, semagka, dll.

4. Daging =>> Daging yang mengandung protein berperan penting untuk pembentukan otot. Daging juga menyimpan zat besi yang baik untuk perkembangan saraf-saraf serta melancarkan peredaran darah.

5. Ikan =>> Pada usia 4 tahun anak mulai memahami perhitungan, mulai menulis dan membaca serta mengingat segala hal. Untuk itu berikan ikan sebagai makanan bergizi untuk perkembangan otak dan kecerdasan anak. Diketahui terdapat kandungan asam lemak omega 3, DHA, serta protein yang dipercaya mampu mencerdaskan anak.

6. Oatmeal =>> Jadikan oatmeal sebagai menu sarapan si kecil. Memberikan oatmeal akan mebantu meningkatkan konsentrasi anak. Oatmeal juga kaya akan serat yang akan melancarkan sistem pencernaan. ( baca juga : Nutrisi Penting untuk Kecerdasan dan Pertumbuhan Anak )

7. Susu dan  Keju =>> Usia 4 tahun adalah masa yang paling produktif bagi tubuh untuk melepas hormon pertumbuhan dan penyerapan kalsium. Dengan memberikan susu dan keju yang kaya akan kalsium dan vitamin d akan membantu pertumbuhan tulang anak semakin optimal.

8. Nasi Merah =>> Untuk mencukupi kebuthan energi, berikan nasi merah yang lebih sehat. Nasi merah rendah glukosa sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan pada anak. Seratnya yang tinggi akan membantu melancarkan pencernaan serta memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan yang lain.