Selalu ada hal baru dan lebih baik yang bisa kamu dapat dengan berangkat kantor pagi-pagi. Baru saja cak tiket, jadwal, dan harga Batik Air karena terlalu pagi datang ke kantor. Jadwal, harga, dan fasilitasnya cocok banget sama rencana liburan keluarga. Ternyata, ada manfaatnya juga datang lebih pagi ke kantor, padahal selama ini sering kelabakan karena datang pas-pasan. Tidak hanya bisa hunting tiket liburan, kamu juga bisa menikmati banyak keuntungan karena datang lebih pagi.

1. Perjalanan yang Lebih Nyaman

Kalau kamu memilih waktu berangkat yang umum, sama seperti kebanyakan pekerja lain, ya, sudah umum juga bertemu dengan kemacetan di jalan. Cobalah berangkat 15-30 menit lebih pagi. Meskipun sepertinya tidak akan terlalu berpengaruh, bukan tidak mungkin kamu jadi bisa lebih cepat datang ke kantor. Kota besar seperti Jakarta yang punya tingkat kemacetan selangit bikin kamu capek duluan kalau harus macet-macetan sebelum tiba di kantor. Nah, kalau berangkat 15 menit lebih cepat jalanannya lebih lancar, kenapa tidak?

2. Punya Quality Time

Kalau bukan karena early meeting, mungkin kamu hampir tidak pernah langsung kerja saat sampai di kantor. Setidaknya, kamu bakalan sedikit mengambil napas dulu sebelum buka dokumen pekerjaan yang harus diselesaikan. Nah, seberapa sering kamu bikin kopi atau teh sebelum kerja? Berapa lama waktu yang biasanya kamu punya untuk menikmati kopi atau teh panas? Kalau datang lebih pagi, mungkin kamu tidak perlu membawa gelasmu ke meja kerja. Ya, syukur-syukur bisa minum kopi bareng kecengan di kubikel seberang karena tidak sengaja ketemu di pantry.

3. Menginspirasi Orang Lain

Datang lebih pagi akan membuat orang lain menyadari kehadiran kamu di kantor. Terlebih lagi, kalau selama ini kamu memang sering terlambat atau datang pas-pasan. Mungkin supervisor kamu jadi lebih aware dengan kehadiranmu. Hal itu juga akan memicu teman-teman kantormu untuk bisa datang lebih pagi. Mungkin temanmu jadi ‘panas’ dan jadi tidak mau kalah untuk terpacu datang lebih pagi dari kamu. Meski awalnya hanya candaan, produktivitas kerja di kantormu bisa lebih efektif karena kalian jadi punya lebih banyak waktu diskusi.

4. Tidak Harus Fokus Sepanjang Hari

Bekerja 8 jam sehari seringkali memaksa kamu untuk selalu catch up dengan semua beban pekerjaan yang diberikan di kantor. Dari pagi hingga petang, mau tidak mau kamu dituntut buat selalu fokus sama semua pekerjaan di kantor. Padahal, pasti ada saja waktu kamu benar-benar kesulitan fokus karena kurang tidur. Nah, kalau kamu datang setidaknya 15 menit lebih pagi, bisa punya waktu rehat 5 menit setiap 3 jam kerja. Jadi, diri kamu juga tidak terlalu terforsir untuk fokus.

5. Bisa Pulang Lebih Cepat

Ya, kalau datang lebih cepat, kamu pastinya bisa pulang lebih cepat. Jalanan pulang belum terlalu macet, bisa mampir jemput ke kantor gebetan atau pacar, dan mampir dulu ke tukang nasi goreng langganan. Skenario yang menyenangkan buat mengakhiri semua kesibukan di kantor ‘kan?

Kalau kamu memang bukan morning person yang tidak bisa langsung kerja saat sampai di kantor, ya, tidak masalah. Cobalah untuk datang ke kantor lebih pagi dan lakukan hal-hal lain sampai sudah ‘waktunya’ otakmu bekerja. Ya, tidak ada salahnya dicoba dulu syukur-syukur bermanfaat ‘kan?